Gelar Ganda

FORUM DISKUSI MAHASISWA GELAR GANDA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
 
IndeksCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 TUGAS MEMBUAT RPP

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 11
Join date : 16.10.10

PostSubyek: TUGAS MEMBUAT RPP   Sat Oct 30, 2010 10:43 am

TUGAS DIMASUKKAN KE FORUM INI KLIK 'POST REPLY'
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://gelarganda.forum6.biz
desy diah w

avatar

Jumlah posting : 3
Join date : 17.10.10

PostSubyek: Membaca dan memahami bacaan sederhana   Sat Oct 30, 2010 11:58 am

Desy Diah wulandari (KD: membaca dan memahami bacaan sederhana)
Attachments
Tugas RPP Bu ESTI.doc
You don't have permission to download attachments.
(34 Kb) Downloaded 8 times
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sri Indra

avatar

Jumlah posting : 3
Join date : 21.10.10

PostSubyek: menulis wacana tentang budaya jawa   Sat Oct 30, 2010 12:20 pm

Sri Indrayani (menulis wacana tentang budaya Jawa)
Attachments
RPP indra.doc
You don't have permission to download attachments.
(34 Kb) Downloaded 5 times
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Zulfa Zanidar

avatar

Jumlah posting : 4
Join date : 17.10.10
Age : 29
Lokasi : JEPARA

PostSubyek: Kompetensi Dasar : Menulis parikan atau wangsalan.   Mon Nov 01, 2010 5:47 pm

NAMA : ZULFA ZANIDAR
NIM : 2601910024

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Jawa
KELAS / SEMESTER:

STANDAR KOMPETENSI: Mampu mengungkapkan pikiran atau gagasan serta pendapat dalam bentuk tulisan dengan menggunakan ragam bahasa Jawa yang benar.

KOMPETENSI DASAR : 1. Siswa mengetahui arti parikan atau wangsalan.
2. Siswa menulis parikan atau wangsalan.
3. Siswa menulis isi dan makna parikan atau wangsalan.
4. Siswa menjelaskan isi dan makna parikan atau wangsalan kepada guru dan temannya.

TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Siswa dapat mengetahui arti parikan atau wangsalan.
2. Siswa dapat menuliskan parikan atau wangsalan.
3. Siswa dapat menuliskan isi dan makna parikan atau wangsalan.
4. Siswa dapat menjelaskan isi dan makna parikan atau wangsalan kepada guru dan temannya.

MATERI PEMBELAJARAN : 1. Pengertian parikan atau wangsalan.
2. Ciri-ciri parikan atau wangsalan.
3. Contoh parikan atau wangsalan.

METODE PEMBELAJARAN : 1. Analisis.
2. Diskusi kelompok.
3. Tanya jawab.
4. Pembahasan.

KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN : Guru mengadakan pembelajaran mengenahi parikan atau wangsalan.

KEGIATAN INTI : 1. Siswa mempelajari apa yang disampaikan guru tentang parikan atau wangsalan.
2. Siswa menulis parikan atau wangsalan.
3. Siswa mendiskusikan parikan atau wangsalan dengan temannya.
4. Siswa menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam parikan atau wangsalan.
5. Siswa menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam parikan atau wangsalan.
6. Siswa menjelaskan hasil diskusi kepada guru dan temannya didepan kelas.
7. Siswa memberi kritik dan saran kepada teman yang menjelaskan pendapatnya.

KEGIATAN AKHIR : 1. Guru dan siswa membahas hasil pembelajaran.
2. Guru memberikan nilai dari hasil pembelajaran.

MEDIA : 1. Buku teks parikan atau wangsalan
2. Proses dan hasil pembelajaran
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
riya pramesti



Jumlah posting : 3
Join date : 22.10.10

PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   Thu Nov 04, 2010 7:22 am

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP MEMBACA HURUF JAWA )

Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VIII / I
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalamberbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa..
Kompetensi Dasar : 3.3 Membaca paragraf berhuruf Jawa yang terdiri atas 5-7 kalimat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
Pertemuan ke : 12, minggu ke 4 bulan Oktober

1. TujuanPembelajaran
1.1 Siswa dapat membaca kata yang menggunakan pasangan yang sama dan mirip hurufnya.
1.2 Siswa dapat membaca bacaan berhuruf Jawadengan lancar.
1.3 Siswa dapat menyalin ke dalam huruf latin.
1.4 Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaandengan huruf Jawa.
2. Langkah-langkah KegiatanPembelajaran
2.1 KegiatanAwal
2.1.1 Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihankelas.
2.1.2 Siswa menjawab pretes tentangpasangan huruf Jawa.
2.2 KegiatanInti
2.2.1 Eksplorasi
2.2.1.1 Siswa memperhatikan macam-macam bentukpasangan.
2.2.1.2 Guru membagikan bacaan sederhana 5-7 kalimatberhuruf jawa beserta pertanyaan mengenai bacaan.
2.2.2 Elaborasi
2.2.2.1 Siswa membaca bersuara wacana berhurufJawa secara bergantian.
2.2.2.2 Siswa menyebutkan pasangan yang ditemukandalam bacaan.
2.2.2.3 Siswa mengalihtuliskan bacaan sederhanaberhuruf Jawa ke dalam huruf latin.
2.2.2.4 Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
2.2.3 Konfirmasi
2.2.3.1 Siswa menukarkan hasil pekerjaannya denganteman sebangku dan membahasnya bersama guru tentang pasangan yang belumdipahami.
2.3 KegiatanAkhir
2.3.1 Siswa dan guru melakukan refleksi.
2.3.2 Bersama guru merancang pembelajaran berikutnya.
3. Metode Pembelajaran
3.1 Tanya jawab
3.2 Diskusi
4. Media
4.1 Lembarkerja
5. Teknik penilaian
5.1 Teknik : Tes Unjuk Kerja
5.2 Bentuk : Uraian
5.3 Pedoman penilaian
- Penghitungannilai tertulis

5.4 Pedomanpenialian praktik

No

Nama Siswa

Benere ukara kang diwaca

Lafal &Jeda

Kelancaran

Jumlah

Rerata









Mengetahui Semarang, Juli 2010
Kepala Sekolah GuruMata Pelajaran




Drs. HM. Ramelan, SH Riya Pramesti, S.S.









LEMBAR GLADHEN

Nami :
Kelas :
No. Abs :


A. Wacanen kanthi premati!
?ggyuhan\,
?k[bh[w=oke[pzinF|[wgegyuhanHuripSi=ke[pnk\,ansi=ke[pzinFfiainSivu/,[dokTe/,guru,pi[lotLnliyliy[n.k[bhaiku[aorbisfigyuhknQigmP=.slhsiji[nkufuzulinkH[kdisipLinP]ibdi.?disipLinHikua[botWiwitT[nN,kufufigLdiwiwitCilik\,menw[bochaisihse[kolhkufuninFkK[kP]ntnSe[kolh,tuld[nbudlSe[kolhkufu[asukSupy[aortelt\,sinaukufuffip]i[yoritsautmSupynlikanaul=znSwyhwyhwisSiyp\,menw[ao[lhjijibha[nH=gl[H=glKtinFkK[k.[ynK[bhmauktinFkK[kknQitemenGgyuhanMaubklKeturutTn\,anpribsnSi=sptemenBklTinemu.
B. Wacan kasebut tulisen nganggo aksaralatin!


















C. Wangsulana pitakon ing ngisor iki nganggoaksara Jawa!
1. ?apairhairha[nNwcnKsebut\.
2. ?apk=kufufikulink[ksupygegyuhanBiskwujuf\.
3. ?sinaukufuffip]i[yoritsautmSupy........
4. ?tuld[ngegyuhanHi=wcnKsebutYaiku........
5. ?anpribsnSi=sptemenBkl\.........
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Daniel Setyo Wibowo
Warga
avatar

Jumlah posting : 7
Join date : 17.10.10

PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   Thu Nov 04, 2010 12:13 pm


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : XII / II
Aspek : Menyimak
Alokasi waktu : 4 X 45

Standar Kompetensi : Mampumengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan berbagai bentuk wacanalisan sastra melalui membahas atau mendiskusikan isi wayang danketoprak/ludruk/drama
KompetensiDasar : Membahas atau mendiskusikan isi cerita wayang Dewa Ruci.
Indikator:
1. Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita wayang Dewa Ruci.
2. Siswa mampu menyebutkan watak dari tokoh yang ada dalam cerita wayang DewaRuci.
3. Siswa mampu menuliskan amanat yang ada di dalam cerita wayang Dewa Ruci

A. Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita wayang Dewa Ruci.
2. Siswa mampu menyebutkan watak dari tokoh yang ada dalam cerita wayang DewaRuci.
3. Siswa mampu menuliskan amanat yang ada di dalam cerita wayang Dewa Ruci.

B. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah
2. Audio visual
3. Kelompok
4. Tanya Jawab
5. Penugasan

C. Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan

No

Kegiatan

Waktu


1.




2.











3.


Kegiatan Awal
Motivasi:
1. Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang mengenai cerita wayang.
2. Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang kesulitan dalam menganalisis cerita wayang. Kegiatan Inti


2.1 Eksplorasi
· Siswa di buat menjadi berkelompok
· Guru menayangkan cerita wayang Dewa Ruci
· Siswa menyimak cerita wayang Dewa ruci
2.2 Elaborasi
· Siswa berdiskusi tentang cerita wayang Dewa Ruci
· Siswa mecari tokoh-tokoh yang ada dalam cerita wayang Dewa Ruci.
· Siswa mencari watak masing-masing tokoh yang ada dalam cerita wayang Dewa Ruci.
· Siswa mencari amanat yang ada dalam cerita wayang Dewa Ruci.
2.2 Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan mengenai bahasa yang digunakan dalam percakapan.
· Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik. Penutup


1. Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
2. Siswa dan guru melakukan refleksi


10







70








10

D. Sumber Belajar

a) Sumber
· BukuPaket
· Videowayang Dewa Ruci

b) Media
· Laptop
· LCD

E. Teknik penilaian

a. Bentukinstrumen : tertulis
b. Soalinstrument :

NO

NAMA TOKOH

WATAK TOKOH

AMANAT DALAM CERITA WAYANG DEWA RUCI




Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
fia_diary

avatar

Jumlah posting : 4
Join date : 21.10.10
Age : 32
Lokasi : KOTA TEGAL

PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   Thu Nov 04, 2010 2:53 pm

RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah :SMK

Progam keahlian : Semua ProgamKeahlian
Mata pelajaran :Bahasa Jawa
Kelas/semester :X/1
Alokasi waktu :2 x 45 menit ( 1 x Pertemuan )

Standar kompetensi :2.Bisa ngungkapake pikiran, pendapat, kanthiliwat micara nelpon wawan rembug nganggo basa Jawa cocok unggah-ungguhing basa

Kompetensi Dasar : 2.1 Crita

Indicator Pencapaian Kompetensi:
1. Menceritakan pengalaman lucu/ mengesankan dengan pilihankata yang sesuai dan menarik

A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti kegiatanbelajar mengajar peserta didik mampu:
1. Menceritakan pengalaman lucu/ mengesankan dengan pilihankata yang sesuai dan menarik

B. Materi Pembelajaran:
Crita Pengalaman lucu

C. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah
2. Modeling
3. Tanya Jawab
4. Penugasan


1. Kegiatan Pembelajaran :
2. Pertemuan

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

1.




2.

Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan salam
b. Melakukan absensi
c. Apersiasi
d. Menjelaskan Kompetensi Dasar

Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi guru:
· Melibatkan peserta didik untuk mencari informasi yang luas dan dalam tentang cerita pengalaman lucu
· Menyuruh salah satu peserta didik untuk membacakan cerita pengalaman
· Beserta peserta didik menanggapi isi cerita pengalaman secara lisan

b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
· memfasilitasi peserta didik untuk mencari cerita pengalaman lucu di media tulis ( Majalah )
· memberi kesempatan peserta didik untuk menganalisis cerita pengalaman lucu tersebut
· memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat agar untuk meningkatkan prestasi belajar


c. Konfirmasi
Dalam hal konfirmasi guru:
· Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
· Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
· Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan

d. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
· Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran
· Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogam
· Memberikan umpan balik terhadap proses dan hassil pembelajaran
· Merencanakan kegiatan tindak lan dalam bentuk pembelajaran remidi, progam pengayaan.
· Menyampaikan rencana pembelajaran seterusnya.

15 menit





50 menit






































25 menit

5. Sumber Belajar
1.
4. Buku Modul Bahasa Jawa kelas X
5. Internet dan buku-buku yang relevan lainnya.
6. Kalawarti Panjebar Semangat

6. Media Pembelajaran
1. Notebook dan LCD

2. Gambar-gambaryang menunjang

7. Penilaian Hasil belajar
1. ProsedurPenilaian
a. Test tertulis :essay / uraian
b. Tes tidaktertulis : Penilaian proses melalui pengamatan / observasi.

2. Instrumen Penilaiantes tertulis:
a. Test tertulis:essay

Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki !

1. Apa kang diaranicrita pengalaman iku?
Wangsulan : apa bae kang dialami manungsa ingsajroning urip
2. Manut saka sifatewara-wara iku ana pira, coba sebutna!
Wangsulan : resmi lan ora resmi
3. Nyritakakepengalaman kudu nduweni unsure-unsur apa bae?
Wangsulan ; - pengalaman kang bakal di critakake
- Wektu kedadeyanpengalaman iku
- Papan panggonankedadeyane pengalaman
- Wong-wong kangmelu andil
- Sebab-sebabpengalaman iku kedadean
- Kepriyepengalaman iku kedadeyan
4. Wara-wara ikubiasane migunake tembung-tembung kang sifate teknis. Apa tegese?
Wangsulan : tegese yaiku tembung-tembung sing gampangdimangerteni
5. Nyritakakepengalaman iku biasane migunakake paragraph apa?
Wangsulan: induktif

b. Test tidaktertulis

No.

Aspek Penilaian

Skor

1.

Paham

35

2.

Dudutan

35

3.

Unggah-ungguh

30


Jumlah

100
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://diaryfia.blogspot.com/
Fitri Retno Dewi

avatar

Jumlah posting : 4
Join date : 18.10.10

PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   Fri Nov 05, 2010 9:01 am

tugas Membuat RPP
Attachments
TUGAS BU ESTI (RPP).doc
You don't have permission to download attachments.
(35 Kb) Downloaded 4 times
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
paramita mutaqienah
Warga
avatar

Jumlah posting : 5
Join date : 19.10.10
Age : 31
Lokasi : Banjarnegara

PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   Fri Nov 05, 2010 9:08 pm

Paramita Mutaqienah
Tugas membuat RPP
Attachments
RPP Paramita Mutaqienah.docx
You don't have permission to download attachments.
(16 Kb) Downloaded 3 times
Rekam018.zip
You don't have permission to download attachments.
(135 Kb) Downloaded 9 times
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Yoni Ahmad
Punggawa
avatar

Jumlah posting : 11
Join date : 16.10.10
Age : 30
Lokasi : Rembang

PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   Fri Nov 05, 2010 10:48 pm

Hallooowwww...........

TUGASE DIUPLOAD< ORA DIKETIK>>>

DILAMPIRKEHallooowwww...........

TUGASE DIUPLOAD< ORA DIKETIK>>>

DILAMPIRKE
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yoniahmad.blogspot.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: TUGAS MEMBUAT RPP   

Kembali Ke Atas Go down
 
TUGAS MEMBUAT RPP
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Gelar Ganda :: SEMESTER GASAL :: STRATEGI BELAJAR MENGAJAR-
Navigasi: